Makna Dari Orang India Menggelengkan Kepalanya

Negara yang menempati ranking kedua urutan untuk populasi penduduk terbanyak di dunia ini memiliki beragam kebudayaan, adat istiadat dan tradisi. Di India untuk satu wilayah biasanya memiliki kebudayaan yang berbeda.

Namun ada satu hal yang sudah familiar yang menjadi ciri khas masyarakat India yaitu kebiasaan menggelengkan kepala saat berbicara. Bukan hanya saat berbicara, pada saat tidak berbicara pun orang India menggelengkan kepalanya.

Jadi kira-kira kenapa yah orang India suka sekali menggelengkan kepalanya?

Adalah komunikasi non verbal makna dari menggelengkan kepala bagi orang India, komunikasi non verbal adalah komunikasi tanpa kata-kata.

Biasanya orang menggelengkan kepala sebagai tanda tidak atau tanda menolak. Namun di India ini berarti “baik” atau “ya, saya mengerti”.

Apabila kamu berkomunikasi verbal atau berbicara dengan orang India dan mereka menggeleng itu tandanya mereka mengerti atau mereka paham mengenai hal yang kita bicarakan, semakin kencang gelengan kepala orang India berarti ia semakin paham. Namun, apabila gelengan kepala di sertai dengan gestur bahu yang acuh tak acuh ini artinya iya, terserah apa kata anda.

Selain itu menggelengkan kepala juga bisa bermakna sebagai cara berterima kasih dan cara menghormati lawan bicaranya. Gelengan kepala yang lembut disertai senyuman maka tanya ia menghormati dan bersikap bersahabat dengan kita. Menggelengkan kepala pada satu sisi bisa berarti “ya” atau mengajak “ayo pergi”.

Di India, menggelengkan kepala saat mendengarkan orang lain berbicara dianggap lebih sopan daripada hanya diam saja. Dengan diam tandanya tidak mendengarkan lawan bicara kita.

Lalu bagaimana kalau orang India berkata tidak ? Orang India berkata tidak dengan menggelengkan kepala sedikit dari kiri ke kanan. Biasanya yang sering melakukan gestur ini adalah pengemudi transportasi lokal seperti taksi dan bajaj yang sering menolak dan pilih-pilih penumpang.

Selain menggeleng rupanya ada gestur kepala lain dari orang India juga lho, yaitu mengangguk dalam satu gerakan. Orang India kadang mengganguk dan menaikkan alisnya secara bersamaan ini menandakan orang India tersebut mengucapkan “halo”.

Budaya ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi dan masih digunakan sampai saat ini, orang India dibesarkan untuk bersikap sopan dan ramah terhadap orang lain terutama kepada tamu dan tetua. Mereka tidak suka untuk mengatakan tidak secara langsung makanya orang India kerap tersenyum malu dan mengangguk tidak jelas untuk menunjukkan komitmen yang tidak kuat. Tradisi ini sengaja di ciptakan sejak zaman dahulu sebagai syarat untuk menyampaikan ambiguitas dan ternyata ini berhasil.

Di India selatan masyarakatnya lebih banyak gestur gelengan kepala dibandingan dengan masyarakat di India utara dikarenakan keberagaman kebudayaan yang berbeda di setiap wilayah.